Sudut Pandang

Thursday, June 28, 20120 comments

JIKA semua manusia berpikir sama, maka tak ada perang. Jika semua manusia berpikir baik, maka tak akan penuh sel-sel penjara. Jika semua orang menafsir satu persoalan dari sisi yang sama, maka tak akan ada perbedaan pendapat. Beda pendapat, beda sudut pandang, satu hal yang wajar. Namun, beda pendapat berdampak pada putusnya silaturahmi antar manusia, ini sangat disayangkan.

Satu hari, ketika kecil saya menonton sebuah film India. Waktu itu, televisi masih berwarna hitam dan putih. Aktornya, Amitha Bachan. Dalam film itu disebutkan, Amitha Bachan berperan sebagai inspektur polisi. Kakeknya dibunuh oleh penjahat. Ayahnya, lalu menghabisi gerombolan kartel narkoba yang membunuh sang kakek. Pada akhirnya, Ayahnya ditahan di jeruji besi. Saat itu, baru empat orang kawanan perampok yang berhasil diringkus. Sisanya, tiga lagi masih menghirup udara bebas.  Sang Ayah, kabur dari penjara. Dia menjadi buron kalangan polisi di India.

Amitha Bachan ditugaskan untuk menangkap ayahnya sendiri. Dilematis. Saat bertemu dengan Ayahnya, Amitha Bachan, meminta ayahnya menyerahkan diri. Soal dendam, biarlah polisi yang mengurus. Sesuai dengan aturan yang ada. Lalu, Amitha Bachan memberikan koin yang bertuliskan nomor sembilan. Mereka berhadapan. Dari sisi Amitha Bachan koin itu tertulis nomor sembilan, sedangkan dari sisi putranya tertulis nomor enam. Ini dua sisi yang berbeda. Artinya, satu benda jika dilihat dari arah berbeda, maka hasilnya berbeda pula. 

Ini pula soal hidup. Banyak orang tak bisa memahami perbedaan sudut pandang. Manusia selalu ego, membenarkan sudut pandangnya sendiri. Menyalahkan sudut pandang orang lain. Bahkan, tak jarang, perbedaan sudut pandang ini memantik permusuhan. Ini tidak baik, marilah menghargai perbedaan. Beda tafsir, jangan membuat kita saling bermusuhan. Mari saling menghargai sudut pandang orang lain
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | By Safrizal
Copyright © 2012. :: cerita tentang aceh:: - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger