Skeptis

Wednesday, June 27, 20120 comments

SATU hari, Minggu kedua Juni 2012, saya menerima telepon dari seorang yang mengaku sebagai salah satu guru di Kecamatan Sawang, Aceh Utara. Dia menceritakan tentang pungutan liar dalam proses pengambilan  sertifikat guru sertifikasi di kecamatan itu.

Lalu, saya tanya,  apakah bisa langsung menuliskan namanya? Dia menjawab dengan sangat percaya diri. “Boleh. Tulis  saja besar-besar nama saya di Koran Anda,” ujar pria ini.

Saya terkejut ketika mendengar jawaban itu. Ini guru pertama yang berani langsung bicara ke media, dan memberikan izin namanya langsung ditulis. Umumnya, guru kalau pun melakukan protes, selalu berkata ‘jangan tulis nama saya ya. Jika ada masalah, saya siap bertanggungjawab sampai ke persidangan sekali pun’ katanya. Nah,orang yang mengaku guru ini berarti orang yang paling berani.

Lalu, saya coba pelajari siapa orang ini. Saya coba cek sana-sini siapa dia sebenarnya. Bernarkah dia seorang guru? Saya tidak bisa percaya begitu saja. Ditambah lagi saya tidak kenal sama sekali orang ini. Skeptis memang denyut nadi para jurnalis.

Setelah cek sana-sini, ternyata orang yang mengaku guru itu bukanlah guru. Bahkan, identitas yang dia sebutkan palsu. Dia hanya mengaku-ngaku guru. Entah apa motifnya. Saya telepon dia lagi. Namun, sampai sekarang telepon saya tidak pernah diangkat. Artinya, tidak semua orang patut kita percayai. Termasuk orang ini.

Saya tidak bisa membayangkan, apa yang akan terjadi jika saya mempercayai apa yang disampaikan guru palsu ini. Pertama, sekolah itu akan melakukan protes besar-besaran, lalu dinas pendidikan melakukan hal yang sama. Seterusnya, publik akan menilai saya sebagai jurnalis terbodoh dalam sejarah jurnalisme di negeri ini. Selain itu, nama baik media menjadi taruhannya.

Manusia memang aneh. Sulit ditebak. Ada yang baik, tak sedikit pula yang kurang ajar. Skeptis, penting untuk pekerjaan ini.  




Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | By Safrizal
Copyright © 2012. :: cerita tentang aceh:: - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger